Ulasan MacBook Pro 14 inci (2023): Berkah bagi para kreatif


MATAPARAHIANGAN -
Dengan rangkaian MacBook Pro terakhirnya, Apple memberikan semua yang mereka inginkan kepada penggemarnya yang lebih menuntut: Banyak port, banyak daya, dan layar yang benar-benar hebat. Seperti biasa, perusahaan menindaklanjuti desain ulang besar itu dengan peningkatan chip langsung, menampilkan M2 Pro dan M2 Max yang baru. Mereka lebih cepat, seperti yang Anda harapkan, tetapi mereka juga menghadirkan beberapa fitur yang mungkin disukai pengguna, seperti output video 8K dan dukungan untuk WiFi 6E.

Setelah Apple mengunci desain ulang, biasanya tidak mengacaukan hal yang baik (kecuali untuk bencana total seperti tempat sampah Mac Pro). Jadi tidak mengherankan jika MacBook Pro 14 tahun ini tidak terlihat berbeda dari model 2021. Itu masih menawarkan layar Liquid Retina XDR 14,2 inci yang cantik dengan dukungan ProMotion dan takik yang menonjol menampung webcam 1080p. Ini memiliki semua port yang sebenarnya Anda inginkan, termasuk koneksi daya MagSafe, tiga port USB-C Thunderbolt 4, HDMI, jack headphone, dan slot kartu SD berukuran penuh. Dan bentuk keseluruhan komputer tetap relatif datar, sebuah evolusi dari desain unibody MacBook Pro yang berumur panjang.

Namun, di bawah tenda, MacBook Pro 14 telah ditingkatkan secara dramatis. Itu dapat dilengkapi dengan chip M2 Pro baru Apple, yang menawarkan CPU 12-core dan GPU 19-core, atau M2 Max, yang menggunakan CPU 12-core dan GPU 38-core. Sama seperti prosesor hybrid baru Intel, serta chip seluler dari Qualcomm, Apple mengandalkan kombinasi kecepatan inti untuk CPU-nya (chip 12-inti, misalnya, memiliki delapan inti kinerja dan empat inti efisiensi). M1 Pro dan M1 Max sebelumnya masing-masing memiliki 10 core CPU dan 16 atau 32 core GPU.

Baca Juga: How to Download Minecraft for Free: Complete Guide

Apple mengklaim M2 Pro sekitar 20 persen lebih cepat dari pendahulunya dalam hal kecepatan CPU, dan hingga 30 persen lebih cepat dalam hal grafis. M2 Max, sementara itu, hingga 30 persen lebih cepat dari M1 Max dalam hal grafis. Kami menguji MacBook Pro seharga $3.299 yang telah ditingkatkan sepenuhnya, yang dilengkapi dengan chip M2 Max dengan 38 inti GPU dan RAM 64 GB. Ini mencetak sekitar 2.600 poin (19 persen) lebih cepat di benchmark CPU multitugas GeekBench 5, dibandingkan dengan MacBook Pro 16 yang dilengkapi M1 Max. Itu juga 18 persen lebih cepat dalam uji Komputasi GeekBench 5 yang didukung GPU dan kekalahan 60 persen lebih cepat daripada M1 Max Mac Studio di benchmark 3DMark Wildlife Extreme.

Ini adalah hasil yang fenomenal jika Anda berencana menggunakan MacBook Pro secara maksimal. Tapi saya akui, selama penggunaan sehari-hari, saya tidak melihat adanya manfaat kinerja utama dibandingkan model sebelumnya. Itu tidak benar-benar mengetuk komputer baru, itu lebih merupakan bukti seberapa banyak yang dilakukan Apple dengan benar terakhir kali. Tidak seperti PC, Anda mungkin juga tidak akan terlalu banyak bermain game dengan Mac, jadi tidak ada alasan untuk sering mengejar peningkatan. Pada catatan itu, senang melihat beberapa game modern dengan dukungan Mac asli. Resident Evil Village dengan mudah mencapai 60fps di MacBook Pro dengan resolusi penuh, tetapi saya tidak akan terkejut jika hal yang sama berlaku untuk model M1.

Namun, jika Anda termasuk orang yang berurusan dengan enkode video besar atau pekerjaan komputasi tinggi setiap hari, mungkin ada baiknya beralih dari MacBook Pro terakhir. Saya membutuhkan waktu 31 detik untuk mentranskode klip 4K berdurasi satu menit menjadi 1080p menggunakan Handbrake tetapi M1 Max MacBook Pro 16 memerlukan waktu 10 detik lebih lama. Ekstrapolasikan itu untuk pekerjaan yang lebih lama dan Anda dapat menghemat waktu yang serius. Dan jika Anda telah berhasil bertahan dengan Intel MBP sampai sekarang, sudah waktunya untuk meningkatkan - Anda akan dengan mudah melihat perbedaan kecepatan siang dan malam.

Selain kinerjanya, MacBook Pro 14 tetap menjadi pekerja keras yang luar biasa untuk hidup bersama. Layar MiniLED Liquid Retina terlihat sangat cerah, terutama saat melihat konten HDR. Namun, sebagian besar, saya menghargai pengguliran yang mulus berkat kecepatan refresh ProMotion 120Hz Apple. Sistem suara enam speaker tetap luar biasa, dengan audio yang tajam dan kuat yang jauh di depan kebanyakan laptop lainnya. Dan saya tetap terkesan dengan rangkaian tiga mikrofon bawaan MacBook Pro. Ini bukan pengganti mikrofon USB khusus, tetapi kedengarannya bagus selama panggilan video.

Keyboard MacBook Pro tentu saja lebih baik daripada model kupu-kupu lama, tetapi saya berharap Apple dapat menghadirkan lebih banyak perjalanan penting. Masih bagus untuk mengetik, untuk lebih jelasnya, saya hanya merasa sedikit dimanjakan dari keyboard mekanis yang pernah saya lihat di beberapa laptop gaming. Trackpad Pro tetap yang terbaik di kelasnya, dengan area permukaan yang luas dan kinerja yang responsif. Setelah menguji XPS 13 Plus tahun lalu, yang menampilkan trackpad menarik namun sulit digunakan yang tersembunyi di sandaran tangan, saya semakin menghargai desain bersih Apple. Ternyata bisa merasakan perbedaan antara trackpad dan sandaran tangan cukup membantu!

Baca Juga: Over Horizon Resto Semarang Menu Prices and Locations

Comments

Search This Blog